fbpx

๐Ÿ“• GURU YANG DIRINDUKAN, MENDIDIK DENGAN KETELADANAN DAN CINTA ๐Ÿ“•

//๐Ÿ“• GURU YANG DIRINDUKAN, MENDIDIK DENGAN KETELADANAN DAN CINTA ๐Ÿ“•

Sudah lama buat tulisan ini, tapi belum sempat diposting di fb atau blog.
Jum’at lalu ada ultimat dari mudir, HARUS MENULIS dengan tema di bawah ๐Ÿ‘‡

Apa daya rasa tak sampai. Maka tulisan sebulan lalupun diterbitkan.

๐Ÿ“• GURU YANG DIRINDUKAN, MENDIDIK DENGAN KETELADANAN DAN CINTA ๐Ÿ“•

๐Ÿœ Bakso dan Pendidikan = Inovasi ๐Ÿœ

QS Al Baqarah : 168

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ูƒูู„ููˆุงู’ ู…ูู…ู‘ูŽุง ูููŠ ุงู„ุฃูŽุฑู’ุถู ุญูŽู„ุงูŽู„ุงู‹ ุทูŽูŠู‘ูุจุงู‹ ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽุชู‘ูŽุจูุนููˆุงู’ ุฎูุทููˆูŽุงุชู ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุทูŽุงู†ู ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽูƒูู…ู’ ุนูŽุฏููˆู‘ูŒ ู…ู‘ูุจููŠู†ูŒ

Artinya:

โ€œHai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.โ€

Dari Abu Masโ€™ud Uqbah bin Amir Al Anshari radhiyallahu โ€˜anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ู…ูŽู†ู’ ุฏูŽู„ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฎูŽูŠู’ุฑู ููŽู„ูŽู‡ู ู…ูุซู’ู„ู ุฃูŽุฌู’ุฑู ููŽุงุนูู„ูู‡ู

โ€œBarangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.โ€ (HR. Muslim no. 1893)

Berawal dari keisengan di dapur, maka terjadilah tulisan ini.

Saya seorang guru dan pengelola kantin di sekolah. Dalam mengelola kantin, saya harus banyak menciptakan ide – ide dalam penjualan, agar makanan atau minuman dapat dikemas dengan menarik. Sehingga membuat pembeli penasaran ingin membeli. Salah satu menu kantin yang dijual di kantin yang saya kelola adalah ” Bakso “.

Bakso, atau sebagian orang menyebutnya โ€œbasoโ€ adalah makanan favorit orang Indonesia terutama wanita. Banyak wanita yang lebih memilih makan bakso daripada makan nasi. Dan sebagian mereka bila stress, pusing, malas, atau cemas akan berfikir untuk makan bakso.

Pembuatan bakso, dari segi tekstur atau bentuk, dan rasa adalah salah satu inovasi yang mempermainkan aspek psikologis pembeli, agar si pembeli menjadi konsumen setia.

Pendidikan adalah proses mendidik dan mengajarkan dengan baik. Dalam pendidikan banyak tantangan yang harus dihadapi, salah satunya bagaimana menghadapi berbagai karakter atau watak setiap peserta didik, peserta didik yang kurang termotivasi, dan malas belajar di sekolah.

Nah, dari pengalaman pembuatan bakso. Ada nilai yang bisa diambil untuk bekal dalam pendidikan dan pengajaran, yaitu bagaimana membuat tekstur dan rasa bakso yang enak, yang menjadikan bakso makanan atau favorit. Maka pendidikanpun dapat dikemas dengan menarik, layaknya bulatan bakso yang enak dan kenyal. Bagi saya pendidikan dan pengajaran layaknya membuat bakso, memiliki nilai yang tinggi, ketika kita sudah merasakan enak, nyaman, dan menarik.

Semangat berinovasi dalam pembuatan bakso dapat ditiru oleh para guru dalam interaksi dengan siswa di sekolah. Namun kita sebagai guru, jangan merasa berada asyik di zona nyaman. Bila hal tersebut terjadi maka guru tidak akan berinovasi lagi, atau malas berinovasi, bahkan tidak merasa bahwa zona nyaman tersebut tidak sehat untuk perkembangan pendidikan siswa. Hal tersebut berdampak siswa akan bosan dan dapat menerka hal yang akan dilakukan oleh gurunya.

Guru, semakin berinovasi โ€œ Gila – gilaan โ€ di depan siswa, maka siswa akan semakin tertarik dengan teka – teki yang akan diajarkan guru. Inilah yang membuat suasana kelas jadi bersemangat, bahagia, ceria dan penuh dengan tanda tanya.

Guru hebat adalah guru yang ketika datang mengajar, membawa berjuta pertanyaan dalam hati siswa, ” Apa yang akan disampaikan guru, apa yang dibawa guru, permainan menarik apalagi yang akan dimainkan bersama, dan apa yang didapat siswa?

Belajar dari pembuatan bakso adalah baik untuk menjadikan kita menjadi guru yang kreatif, guru yang dinanti dengan segala rasa sayangnya dan guru yang inovatif, yang dpt menghilangkan rasa jenuh ketika belajar.

Selayaknya pembuatan bakso dengan perpaduan bahan-bahan di dalamnya, membuat bakso menjadi enak, dan menjadi makanan favorit. Begitu juga dengan guru. Sebagai guru, kita harus dapat memadukan, berinovasi dengan berbagai unsur pendidikan dan pengajaran, sehingga menjadikan siswa termotivasi untuk belajar, dan selalu mengenang setiap detik proses pendidikan dan pengajaran yang kita sampaikn.

Jangan tanyakan berapa harga 1 porsi bakso, tapi tanyakan bahwa ini adalah inovasi seorang pembuat dan penjual bakso yang diinginkan pembeli, yang dengan tangannyalah terbuat bakso yang baik, halal, enak, dan dapat menjadi konsumsi kebaikan dalam tubuh.

Jangan tanyakan berapa hasil seorang guru dalam mendidik. Tapi lihatlah apa yang dihasilkan guru beberapa tahun kemudian ! Dengan cinta, pendidikan menghasilkan generasi tangguh, beriman dan takwa. Dengan cinta pendidikan menghasilkan cinta. Cinta hasil inovasi seorang guru.

Dan semoga tangan mungil yang pernah digenggam erat, dapat menarik tangan – tangan pendidik menuju JannahNYA. Aamiin

Oleh : Saleha, S.Pd

Guru SDIT Ibnu Sina Jakarta

Juara II Lomba Menulis Dalam Rangka Peringatan Hari Guru 25, November 2018

#sekolahibnusina
#SDITIbnusina
#SelamatHariGuru

2018-11-29T08:16:20+00:00