Menanam jagung tanamlah di ladang

Setelah masak sajikan di meja makan

Ayo shoum sunnah anakku sayang

Gapai ridho’ Allah yang kita cita-citakan

 

Kita sebagai orang tua maupun guru sangat dianjurkan untuk melatih dan membiasakan putra/i atau siswa/i kita berpuasa sejak dini. Puasa anak tidaklah akan sia-sia karena walaupun belum mencapai aqil baligh, ibadah puasanya tetap dicatat oleh Allah SWT sebagai ladang kebaikan.

Latihan berpuasa bagi anak, tidak hanya menambah nilai keberkahan bagi kedua orang tuanya, tetapi juga dapat menumbuhkan kesadaran dan memunculkan nilai-nilai spiritual keberagamaan yang positif bagi masa depannya. Doa anak yang sedang berpuasa juga sangat didengar Allah SWT.

Puasa bagi anak banyak sekali manfaatnya, antara lain anak-anak dididik untuk berlatih disiplin, dapat mengatur waktu dengan baik, membiasakan diri mereka bangun lebih pagi, shalat shubuh berjama’ah, bertadarus bersama keluarga, dan belajar. Puasa juga mendidik anak berlatih sabar dalam menahan rasa lapar dan dahaga, serta sabar dalam mengendalikan diri dari godaan hawa nafsu. Selain itu, dengan melatih dan membiasakan anak berpuasa, juga sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran fisik mereka di masa depan.

Latihan berpuasa perlu kita biasakan kepada anak-anak sedini mungkin. Yang terpenting dalam pembiasaan ini adalah pengawasan dan motivasi dari kita sebagai orang tua maupun guru, sehingga anak-anak tidak mudah tergoda oleh temannya yang kebetulan tidak puasa. Sebagai orang tua dan guru, kita harus yakin bahwa dengan melatih anak-anak berpuasa sejak dini merupakan salah satu strategi pendidikan mental spiritual yang efektif bagi masa depan mereka kelak.

Oleh : Ms Nurhasanah | Guru SDIT Ibnu Sina Jakarta

#SDITIbnuSinaJakarta#

#SekolahPenghafalAlqur’an#

#ProgramHafalAlqur’an6Juz#

#ProgramKarakterIslami#

#ProgramBilingual#

#YukSekolahdiSDITIbnuSinaJakarta#

 

By Ibnu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.