IBNU SINA . . . . .

 

BE BRAVE

BE INDEPENDENT

BE NUMBER ONE

YES

ALLAHU AKBAR

 

Sebuah riset dari Joshua Michael Silberstein Bamford, peneliti dari Centre for Interdisciplinary Music Research University of Jyväskylä di Finlandia, yang dipublikasikan baru-baru ini, dapat menjelaskan bagaimana musik bisa digunakan secara efektif sebagai penggerak massa untuk mobilisasi atau memimpin para peserta untuk melakukan tindakan yang memberikan semangat.

Penelitian menunjukkan musik dapat membuat seseorang berempati pada orang yang bernyanyi dan mengeluarkan yel-yel. Dampaknya, orang lain secara sadar atau tidak sadar mengikuti apa yang dia dengarkan.

Bicara tentang membangkitkan semangat,guru-guru di SDIT Ibnu Sina selalu memulai pembelajaran dengan hal-hal yang menarik, dan memberikan semangat. Sebelum siswa belajar, Guru-Guru di SDIT IBNU SINA memiliki resep jitu untuk itu. Mereka terbiasa memberikan yel-yel untuk menyapa siswanya di pagi hari sebelum belajar.

Semangat belajar menjadi salah satu modal utama dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Sebab dengan adanya semangat ini proses belajar pun jadi sangat menyenangkan.

Sebenarnya dalam KBM, hal yang paling penting adalah pola interaksi antara guru dan siswa. Sebaik apapun pemahaman dan penguasaan materi yang dimiliki guru, jika gagal dalam menerapkan interaksi yang hangat dan memotivasi kepada para siswa, bisa dipastikan proses pembelajaran akan terhambat. Karenanya, komunikasi efektif dibutuhkan dalam interaksi ini.

Dalam konteks KBM, komunikasi efektif ini salah satunya diwujudkan dengan sapaan yang menggugah semangat para siswa. Hal ini menunjukkan respek dan empati guru kepada siswanya. Guru mengerti bahwa siswa harus dikondisikan terlebih dulu sebelum mulai belajar, agar seluruh siswa memiliki semangat yang sama.

Penyemangat di awal pembelajaran ini menjadi motivasi bagi para siswa bahwa belajar itu menyenangkan. Jadi, untuk para guru di manapun berada, jangan pernah sungkan untuk menyapa para peserta didik kita, karena bisa jadi hal sederhana seperti itu justru sangat mereka dambakan. Yakinlah, hasilnya tak mengecewakan. THE POWER OF YEL-YEL.

Oleh : Ms Dee | Guru SDIT Ibnu Sina Jakarta

 

By Ibnu

2 thoughts on “The Power Of Yel Yel”
    1. Waalaikumsalam Wr. Wb
      Untuk biaya pendaftaran dan spp silahkan Ayah/Bunda menghubungi No Telp/WA berikut ini

      SDIT Ibnu Sina Jakarta : 0821 1212 1638
      SDIT Ibnu Sina Harvest City : 0812 9073 2701

      Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.